Jumat, 30 Juli 2010

Seberapa Penting Arti Nasi Bagi Tubuh Kita ?

Seberapa Penting Arti Nasi Bagi Tubuh Kita ?


Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...


Met malam My Friends ^_^ . Wew hari ini baru bisa posting jam segini...Yaa mau gimana lagi Cz banyak tugas yang mesti didahulukan seh...O ya temen2 dah pada kenal ma nasi kan?? Hayo udah kenalan belum ?? Lw udah tw gak alamat nasi dimana?? hehhee

Nasi atau yangdalam bahasa inggris biasa disebut dengan rice merupakan suatu bahan asupan tiap hari dalam menu harian masyarakat kita ^_^ . Hmm tapi temen2 gak penasaran pa ma kenapa nasi ini sebegitu pentingnya buat tubuh kita ?? Lw Disty seh penasaran, yuk kita lihat beberapa alasan kenapa nasi itu sangat penting...

1. Karbohidrat membantu mendongkrak mood. 
Karbo mendukung produksi serotonin, senyawa kimia dalam otak yang menimbulkan perasaan senang. Studi dari Archives of Internal Medicine menunjukkan, orang yang menjalani diet rendah karbo yang berat selama setahun (hanya mengonsumsi sekitar 1/2 cangkir nasi atau selembar roti), cenderung mengalami depresi, kegelisahan, dan mudah marah. Kadarnya jauh melebihi orang yang mengonsumsi diet rendah lemak-tinggi karbohidrat, yang hanya makan produk olahan susu rendah lemak, gandum utuh, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

2. Karbohidrat membantu mencegah berat badan naik. 
Bahkan, membantu menurunkan berat badan. Bagaimana mungkin? Yang pasti, peneliti dari Brigham Young University di Utah, AS, mendapati bahwa mereka yang meningkatkan asupan seratnya secara umum akan kehilangan berat badan. Hal ini terjadi pada perempuan paruh baya yang dimonitor pola makannya selama dua tahun. Sebaliknya, perempuan yang mengurangi asupan serat dari makanannya justru berat badannya naik.

3. Karbohidrat baik untuk jantung. 
Dengan meningkatkan asupan serat yang mudah larut (yang bisa ditemukan dalam makanan tinggi karbohidrat seperti oatmeal dan kacang polong) sebanyak 5-10 gr sehari, Anda akan menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 5 persen. Mereka yang mengonsumsi gandum utuh (seperti beras merah) juga cenderung memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah, dan kolesterol baik yang lebih tinggi.

4. Karbohidrat membantu merampingkan lingkar pinggang. 
Mengonsumsi gandum utuh membantu mengurangi lemak tubuh dan lemak perut, demikian menurut penelitian baru yang dimuat di Journal of Nutrition. Dalam studi tersebut dikatakan bahwa orang dewasa yang makan sekitar tiga porsi gandum utuh sehari, memiliki lemak tubuh 2,4 persen lebih sedikit, dan lemak perut 3,6 persen lebih sedikit, daripada mereka yang makan kurang dari seperempat porsi.

5. Karbohidrat membantu menajamkan memori. 
Perempuan overweight yang menjalani diet rendah karbo selama seminggu (benar-benar tidak mengonsumsi karbohidrat) ternyata mendapatkan nilai yang lebih buruk dalam tes memori (seperti: mengapa tadi saya masuk ke ruangan ini?). Nilai mereka juga berkurang dalam visuospatial memory(tes mengingat lokasi dalam peta) daripada mereka yang mengikuti diet rendah kalori. Inilah merupakan petunjuk American Dietetic Association, yang terungkap dalam sebuah studi dari Tufts University.

6. Karbohidrat membantu memecah lemak. 
Sarapan dengan karbohidrat yang sifatnya tidak menaikkan gula darah dengan cepat, seperti oatmeal atau sereal bekatul, 3 jam sebelum latihan, akan membantu Anda membakar lemak lebih banyak, demikian menurut sebuah studi dari Journal of Nutrition. Kedua jenis makanan tersebut, seperti juga kentang dengan kulitnya, roti gandum, pasta dari gandum, atau kacang polong,  tidak menyebabkan gula darah melonjak secepat bila Anda mengonsumsi roti tawar putih atau nasi putih. Sebaliknya, tingkat insulin tidak meningkat cepat, dan karena insulin berperan memberi tanda bahwa tubuh menyimpan lemak, memastikan tingkat insulin yang lebih rendah akan membantu Anda membakar lemak.

Nah setelah mengetahui beberapa keunggulan dari sang nasi. Gimana lw kita melanjutkan ke bagaimana caranya agar kita dapat mencegah nasi yang kita buat tidak basi. Yaa biar enak maemnya ^_^ ....Berikut caranya...


  • Saat memasak nasi satu liter berilah air perasan jeruk nipis satu buah. Selain nasi tidak menjadi basi, nasi terlihat lebih putih dibanding tidak diberi jeruk nipis.
  •  Kalau mau menaruh nasi yang baru matang di tempat nasi, jangan langsung ditutup.
  • Jika memasak nasi di rice cooker, taruh serbet bersih di antara tutup rice cooker agar uapnya bisa diserap dan tidak menyebabkan basi. Bila serbet sudah terlampau basah, ganti dengan serbet yang baru.
  • Selain itu, agar tidak mubazir, sebaiknya masak nasi sesuai dengan jumlah penghuni rumah. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuang nasi yang pastinya akan basi keesokan harinya.
OK sekarang temen2 dah pada tw kelebihan nasi N bagaimana menjaganya dari kebasian :P .... So met nyantap nasi kalian yap ^_^...Smoga bermanfaat

Sumber : kompas.com

6 komentar:

  1. wiih.. nice info nih. lagian kata orang indonesia itu, klo belum makan nasi berarti belum makan. haha. mnk disti kuliahny ngambil apa sih? gizi? kok bahasannya gini. :P

    BalasHapus
  2. hahahha gpp cuma pengen ja...hahahha

    Cz aku senang ternyata nasi bisa buat diet :P

    Disty kan lagi diet, yaa kali ja ada juga yg lagi diet hohoho

    BalasHapus
  3. haha. diet nih ceritanya, aturan nggak usah diet. biar ndut. kan lucu nanti, kayak badut ancol. :P

    BalasHapus
  4. hehehhe ne udah gendut :P

    wew dari pada badut, bagusan kayak bola, kan lw mau kemana2 tinggal gelinding ja :P

    BalasHapus
  5. haha. kacau. ada" aj nih si disti.

    BalasHapus

Jangan Lupa Beri Komentar Yap ^_^

Materi TIK kelas X(Powerpoint)

Assalamu alaikum Wr. Wb Ini beberapa materi TIK yang sudah diajarkan dikelas : 1. Pengenalan Mata Pelajaran TIK Genap 2. Sistem_Operas...