Mari Berkenalan dengan AJAX

Mari Berkenalan dengan AJAX
Author By Distiwan

Assalamu Alaikum Wr Wb

Met pagi semua, gimana kabarnya?? Smoga baik-baik aja. OK berhubung udah lama blog ini gak terisi, kangen juga buat nambah2 isinya. 

Karena semester ini, ada mata kuliah yang lumayan menarik yaitu AJAX. So mari kita belajar bersama-sama. But disini saya tekankan bahwa, saya bukanlah orang yang pakar dalam AJAX, jadi disini kita bisa share bersama tentang mata kuliah ini. OK cekidooooooooot :P

Nah kira2 ada yang tahu AJAX itu nama makanan jenis apa? Awalnya saya bingung mengkategorikan si AJAX. Dulu waktu jaman2nya masih kuliah memang pernah denger tentang dia. Cuma sebatas tahu kalau AJAX itu adalah teknologi WEB terbaru (tentunya waktu masa2 masih kuliah). Saya kira juga, bahwa AJAX ini adalah bahasa pemrograman web seperti halnya PHP (intinya berfikir bahwa si AJAX ini berdiri sendiri dan digabungkan dengan HTML). Hmm memang masih culunnya dalam AJAX waktu itu.

Nah setelah dipelajari, ternyata si AJAX ini merupakan gabungan beberapa teknologi yang udah ada dari jaman2 dahulu kala (lebayDOTcom hehe :P). Awalnya si pencetus AJAX pak Jesse James Garrett, berfikir bahwa teknologi web (versi dulu atau tradisional) tanpa AJAX, dia sudah bagus karena disifatnya sudah online sehingga bisa di akses oleh berbagai masyarakat di seluruh dunia dengan hanya menggunakan internet. Dari sisi user sudah sangat melampaui aplikasi dekstop, tapi ternyata aplikasi berbasis web punya satu kelemahan besar bila dibandingkan aplikasi dekstop, yaitu butuh waktu tunggu (respon) yang lama, karena setiap proses atau interaksi dengan user, harus menunggu respon dari server dulu. Nah untuk alasan menyamakan aplikasi web dengan dekstoplah yang menjadi cikal-bakal di buatnya AJAX.

Menurut Jesse James Garrett, dalam artikelnya yang berjudul "Ajax : A New Approach to Web Applications", Ajax yang lengkap mencakup :
  1. XHTML (Extensible HyperText Markup Language), sebagai perluasan dari HTML
  2. CSS (Cascading Style Sheets) sebagai pemformat bagian dari dokumen
  3. DOM (Document Object Model) untuk mengatur interaksi dan penampilan isi HTML dan XML secara dinamis
  4. XML (Ekstensible Markup Language) memungkinkan untuk melakukan pertukaran data
  5. XSLT (Extensible Stylesheet Language Transformation) adalah bahasa berbasis XML yang ditujukan untuk melakukan transformasi dokumen XML ke bentuk yang lain
  6. XMLHttpRequest untuk melakukan pertukaran data secara asinkron
  7. JavaScript sebagai bahasa untuk membentuk lapisan AJAX

Ajax sudah digunakan oleh website2 besar diantaranya Google Suggest, Google Maps, Gmail serta Yahoo!News dll.

So pada pertemuan berikutnya, maybe kita akan banyak membahas tentang JavaScript karena JavaScript merupakan komponen utama dalam AJAX :D . Smoga post kali ini bermanfaat , Wassalam :)


Komentar

Pos populer dari blog ini

Mengenal JTextField, JLabel dan JButton

Menggunakan Komponen JLabel Untuk Membuat Background JFrame

Cara Berhenti Berlangganan Email Pemberitahuan FaceBook