Senin, 10 Mei 2010

Ubah Template Blog Kita

Ubah Template Blog Kita
Author By Distiwan



Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Met malam all ^_^. Nah malam ini aku mau posting Bagaimana Cara Mengubah Template blog kita. Postingan ini saya tujukan untuk temen2 yang bingung bagaimana cara ngubah template blognya ^_^. 

Jika kita ingin mengubah tampilan atau pun template blog kita, yang pertama harus kita kerjakan adalah mencari template yang kita sukai, misalnya template anime atau pun template apa saja yang sesuai dengan keinginan kita. Temen2 dapat menemukan berbagai jenis template gratis yang dapat didownload secara cuma2. Tinggal ketikan keyword "Template Blogspot Gratis " pada Mbah Google, entar langsung muncul tuh banyak banget jenis2 template. Nah temen2 download template yang diinginkan. Biasanya seh file hasil downloadnya berupa file *.zip atau *.rar But temen2 dah tw kan cara extracknya? ^_^ Gampang kok tinggal klik kanan trus pilih "Extrack Files".

Lw udah entar cari folder hasil ekstrak tadi, biasanya namanya akan sama dengan nama file *.zip or *.rar yang kita download tadi. Lw dah dapet temen2 buka filenya yang tipenya XML Document ^_^. Biar tampilannya agak bagus di liat bukanya pake "WordPad" ja...Ne contoh open pake WordPad yang templateku...

Nah entar akan ke buka file templatenya dalam bentuk wordpad. Lw udah tampil di WordPad tinggal Seleksi Semua isinya dengan cara ketik tombol +A pada keyboard lalu klik kanan N pilih "Copy" . Ampe sini kita telah berhasil mengkopi template baru kita ^_^ . Lw udah pada capek boleh istirahat bentar sambil num teh atau maem kue dulu ( bagi yang punya kue N teh, Cz Distiwan gak punya N lw ada yang punya jangan lupa bagi2 Distiwan yap , hehehe )

OK lanjut..Masuk ke Blogger kita seperti biasanya (Jangan lupa Login sesuai Username N Password kita yap ^_^, jangan pake user N password orang lain :P ). Lw udah masuk entar nampak halaman "DashBoard" kita seperti pada gambar berikut :

(ini contoh Dashboar punya Distiwan ^_^ )

Nah pada blog yang ingin kita ubah templatenya klik pada bagian "Layout" disebelah Setting. Lw blogger yang bahasa indonesia Lw gak salah namanya "Edit Tata Letak " ^_^. Tinggal di klik ja N tampilannya menjadi...

Nah bagian yang dilingkari warna merah yaitu "Edit HTML" di klik yap ^_^ Cz disini entar akan dipake buat masukin kode yang telah kita copy tadi ^_^ .  Lw dah di klik jadi kayak gini neh..
 
Pada bagian "Backup / Restore Template disana ada bagian tuk "Download Full Template" . Pada bagian ini kita gunakan untuk mendownload template kita sebelumnya ( yaa buat dokumentasi atau buat simpenan Cz kali ja pengen pake template sebelumnya lagi ^_^ ) ..
Lw bagian "Choose File" N "Upload" diperuntukkan bagi temen2 yang menggunakan template dalam bentuk file seperti dalam type XML atau *.zip or *.rar . Tinggal klik "Choose File" untuk memilih file template kita N klik "Upload" untuk mengapload file tersebut...But aku lebih suka pake cara yang lain ( yaa emang seh pake Upload file lebih mudah tapi kok aku kurang sreg ya? Cz gak bisa langsung di otak-atik seh :P )

Nah kita akan menggunakan cara berikut ini, yaitu tinggal Paste pada bagian berwarna putih pada gambar di atas But inget semua script yang ada di layar putih itu mesti di delete terlebih dahulu ^_^

Lw udah jangan lupa klik kotak "Expand widget template" pada bagian atas. Trus klik tombol "Preview" pada bagian bawah yang berwarna biru. Lw udah sesuai dengan yang diinginkan Jangan Lupa Klik "Save" ^_^..
Biar template kita ke simpen dengan bener ^_^

Nah akhirnya template kita udah berubah ^_^  Lw  ada yang belum dimengerti bisa komen di bawah postingan ini...Oke sekian buat tutorialnya hari ini,,,Smoga bermanfaat ^_^
  

4 komentar:

  1. Kenapa mbak distiwan pake template ini?

    Gimana kalo ga SEO?

    Hehehehe......Bukan nyidang, tanya aja kok mbak

    BalasHapus
  2. @Arez :

    template yang SEO kayak gmn Rez?? maklum aku gak begitu pusing dgn SEO, hehehe :P

    BalasHapus
  3. Gitu ya mba caranya,,,,heeee,,, heeee,,he

    BalasHapus

Jangan Lupa Beri Komentar Yap ^_^

Materi TIK kelas X(Powerpoint)

Assalamu alaikum Wr. Wb Ini beberapa materi TIK yang sudah diajarkan dikelas : 1. Pengenalan Mata Pelajaran TIK Genap 2. Sistem_Operas...